Tampil Cantik dan Beda dengan Dompet Rajutan

Redaksi : Iwan Surya Permana Sabtu, 27 Mei 2017 | 11:15 WIB
Ibnu
Owner Michelle Crocket, Nevy Nay, sedang memperlihatkan beberapa hasil rajutannya.*

Fajarnews.com, CIREBON- Merajut menjadi salah satu aktivitas yang dilakukan oleh kaum hawa, tak terkecuali Nevy. Kegiatan merajut yang sering dilakukan, menjadi hobi tersendiri ditengah kesibukan menjadi seorang istri.

Ibu satu anak ini menekuni kegiatan yang berhubungan dengan jarum dan benang tersebut ternyata dapat menghasilkan karya yang unik. Karya yang bukan hanya dapat memberikan kepuasan dalam meyalurkan hobi, namun juga menjadi peluang bisnis yang dapat meraup rupiah.

Karya yang telah dihasilkan dari merajut berhubungan dengan pelengkap wanita. Menurut owner Michelle Crocket, Nevy Iskandar Nay, produk yang dihasilkan seperti dompet, slingbag, handbag, dan clutch.

“Tidak hanya itu, kami juga membuat tas rancel yang juga terbuat dari benang hasil rajutan,” Kata Nevy saat ditemui di Jalan Walet No. 26 Widasari, Tuparev - Cirebon.

Ia menjelaskan, hasil rajutannya selain mengutamakan kualitas, juga mengedepankan keinginan konsumen. Dengan dibantu oleh 3 orang rekan kerjanya, akan lebih banyak karya yang dihasilkan.

“Saya waktu awal-awal masih sendiri, untuk menyelesaikan satu produk butuh waktu  seminggu. Kami pake sistem PO, jadi kita berbeda-beda produknya. Tidak tersedia stock,”kata Nevy.

Untuk konsumen yang menginginkan produk kami, dapat juga memberikan desain sesuai keinginannya. “Kita bisa buat sesuai dengan keinginan konsumen, dari mulai benang yang digunakan, warna, dan desainnya. Konsumen juga lebih percaya diri karena tidak ada yang punya selain dirinya,” jelasnya.

Memang bisnis yang membutuhkan ketelitian dan keterampilan ini akhirnya dapat diterima oleh konsumen. “Awalnya iseng buat karena saya kan kegiatannya di rumah, temenin anak. Buat satu dompet rajutan, eh ada yang suka. Awalnya sih dari mulut ke mulut pemasarannya, tapi sekarang memanfaatkan media sosial, instagram dan Facebook,” ujarnya.

Ia menjelaskan tahapan-tahapan pembuatan hasil rajutannya sesuai dengan kreasinya. “Siapkan benang berwarna yang diinginkan. Kemudian pilih pola atau desain sesuai dengan apa yang ingin dibuat, misal tas atau dompet. Lalu, kreasikan dengan menambahkan assesoris untuk menambah kecantikan,” kata Nevy.

Untuk konsumen yang telah memesan, jelas Nevy, ada dari lokal, nasional bahkan luar negeri. “Kemarin, baru kirim ke Bandung. Selain itu pesanan juga datang dari luar pulau seperti Makasar, Balikpapan, Flores. Bahkan sampai ke negeri sakura, Jepang,” kata Nevy sambil menunjukkan dokumentasi poto yang dimiliki.

Ia menambahkan,.bahwa usaha yang sekarang mulai diseriuskan mulai dari pengembang produk hingga pemasaran menggunakan bahan-bahan khusus rajutan seperti Nilon, benang kaos, dan benang poly.

“Karena ini menggunakan benang pilihan, saran saya jangan dijemur langsung kena matahari atau tidak usah disikat kalau takutnya bladus,” tegasnya. (Ibnu)

 


Baca Juga

Komentar

Loading Komentar....