Tania Saraswati, Creativepreneur Muda Cirebon yang Penuh Prestasi

Redaksi : Iwan Surya Permana Sabtu, 22 April 2017 | 09:55 WIB
Ist
Tania, memakai dress kuning dengan atasan hitam, di antara model-model pada Graduation Fashion Show, Kuala Lumpur, Malaysia.*

 

Fajarnews.com,CIREBON- Dibanding negara-negara tetangga, jumlah pengusaha muda di Indonesia masih kalah banyak, Indonesia yang berpenduduk sekitar 250 juta jiwa, jumlah pengusaha mudanya hanya 1,4 %. Tania Saraswati (21), seorang Creativepreneur, owner dari party supplier dan party planner Bubble Jade, paham betul akan hal itu.

Saat ditemui fajarnews.com di salah satu gerai makanan di bilangan Siliwangi Kota Cirebon, ia menuturkan awal mula kenapa ia bisa tertarik membuka usaha.

“Berawal dari kekecewaan jujur aja, dulu saya kuliah di luar negeri dan ingin memberi surprise kepada mama saya yang saat itu sedang berulang tahun di Cirebon. Tapi ternyata saat saya cari di Cirebon, tidak ada yang menjual jasa semacam itu, saya pikir padahal di kota besar lain seperti Jakarta, Bandung itu ada ya. Jadi saat sekolah saya selesai, saya memutuskan untuk memulai usaha Bubble Jade di sini,” jelas Tania.

Wanita lulusan Fashion Design Raffles Collage Malaysia itu mengaku tidak berniat untuk membuka usaha pada awalnya. Namun ia melihat peluang besar dan iklim usaha yang sedang bagus di Kota Cirebon.

Terlebih, menurutnya, Cirebon sekarang sudah menjadi salah satu destinasi wisata dari  kota-kota besar seperti Jakarta. Atas pertimbangan itulah, ia berani mengambil risiko membuka usaha yang masih dibilang sangat awam bagi masyarakat Cirebon.

“Saya nggak mau membuang-buang peluang besar yang ada di depan mata, meskipun tidak sesuai dengan jurusan yang saya ambil saat kuliah, saya jalani saja, toh saya dapat penghasilan cukup dari sini,” lanjutnya.

Dara manis kelahiran tahun 1995 itu mengaku lebih sering mendapatkan kostumer yang  berasal dari luar kota yang kebetulan sedang berlibur di Cirebon dan sedang merayakan hari ulang tahunnya. Di situlah, Tania menawarkan jasa sebagai Party Planner.

Berawal dari modal hanya sebesar Rp 1,5 juta, dalam jangka waktu satu tahun saja, kini omzet Bubble Jade di Jalan Siliwangi 116B sudah mencapai Rp 20 juta setiap bulannya.

Semua itu buah dari ketekunan dan kejelian Tania dalam berbisnis. Meski berawal dari ketidaksengajaan, ia tidak pernah main-main dalam menjalankan usaha miliknya.

Tania juga pernah meraih prestasi membanggakan. Pada tahun 2016, ia pernah menang sebagai juara kedua lomba mendesain gaun Cinderella yang diadakan oleh Disney Malaysia.

“Kostum buatan saya juga terpilih sebagai the best costume selama dua tahun berturut-turut dalam kontes marching band internasional, waktu itu saya membuat kostum untuk SD Santa Maria yang mewakili Indonesia dalam ajang Internasional itu,” kata Tania.

Ia mengaku, dalam menjalankan bisnis atau apapun itu haruslah serius, direncanakan dengan matang dan ada baiknya memiliki standar kualitas yang sudah ditentukan sendiri.

“Semua yang ada di toko saya itu ekslusif, dalam artian, barangnya bagus dengan kualitas oke. Semua itu saya lakukan dengan quality control yang ketat, tentu saja tujuannya untuk kepuasan kostumer saya sendiri,” tutupnya dengan senyuman bangga. (Titania)


Baca Juga

Komentar

Loading Komentar....