TAGS :

Perjuangan RA Kartini Menjadikan Perempuan Semakin Maju

Redaksi : Iwan Surya Permana Kamis, 20 April 2017 | 21:03 WIB
Winarno
Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Hanura yang juga sebagai Anggota DPRD Kota Cirebon, Een Rusmiyati.*

 

Fajarnews.com, CIREBON- Tanggal 21 April merupakan hari yang sangat penting bagi perempuan. Sebab, melalui semangat dan perjuangan Raden Ajang (RA) Kartini, kaum perempuan bisa berkontestasi dalam dunia perpolitikan, bahkan bisa berkontribusi bagi kemajuan daerah ataupun Bangsa Indonesia. 

Namun semua itu juga tak lepas dari pendidikan yang melatarbelakanginya. Sebab, melalui wawasan dan pengetahuannya, kaum perempuan bisa terlibat dalam politik, dengan memberikan ide dan gagasannya. Dengan diberikannya hak pendidikan tersebut, peran perempuan maju di berbagai bidang, termasuk politik.

Bagi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Hanura yang juga sebagai Anggota DPRD Kota Cirebon, Een Rusmiyati, hasil perjuangan RA Kartini telah memotivasi kaum perempuan agar lebih maju lagi, bukan hanya bisa mendapatkan haknya di pendidikan, akan tetapi bisa berkontestasi pada dunia politik. 

"Sekarang peran perempuan di perpolitikan sejajar dengan kaum laki-laki, bukan di belakang kaum laki-laki tapi perempuan harus berada disampingnya," kata Een saat ditemui fajarnews.com di kantor DPC Hanura Kota Cirebon, Kamis (20/4).

Ia merasa di Kota Cirebon pun membutuhkan sosok dan figur seorang perempuan yang bisa memberikan kesejukan, harapan dan menampung semua aspirasi masyarakat. 

"Sebetulnya sejak awal saya terbiasa mandiri dari mulai saat mencari ilmu, dan bekerja dengan menjadi anggota dewan," ucapnya. 

Saat dirinya menjadi anggota dewan, tentu tidak mudah. Pasalnya, Een harus bekerja keras untuk mencapai kariernya pada dunia politik, dan dari awal pun sudah aktif dalam organisasi dan kegiatan sosial. 

Meski harus melewati berbagai proses yang panjang, dirinya berpesan agar kaum perempuan jangan takut untuk maju untuk mencapai karir sesuai keinginannya, baik di akademisi, pengusaha, politik, dan bidang lainnya. 

"Perjuangan RA Kartini telah mengangkat kemajuan kaum perempuan. Dan saat ini di DPRD sudah mencapai 30 persen peran perempuan. Makanya saya pun bersyukur karena dari tahun ke tahun perempuan bertambah semakin maju," ucapnya. (Winarno)


Baca Juga

Komentar

Loading Komentar....