Saung Eurih Jadi Ruang Destinasi Edukasi Masyarakat

Redaksi : Andriyana Senin, 12 September 2016 | 21:19 WIB
MUNADI
Saung Eurih di Kelurahan Cicurug menjadi daya tarik wisata

Fajarnews.com, MAJALENGKA - Perkembangan komunitas lingkungan hidup Saung Eurih di Kelurahan Cicurug Kecamatan Majalengka, yang eksis dalam melaksanakan penyadaran lingkungan hidup membuat pemerintah memberikan perhatian serius kepada aktivitas para penggiat tersebut sebagai bagian dari duta Majalengka dalam Program Kampung Iklim (ProKlim).

Aktivitasnya dalam pengelolaan sampah, menggerakkan menanam sayuran di pekarangan rumah, menyediaan kolam-kolam penampungan air bersih, penataan dan pelestarian sumber mata air.

Di samping itu, kegiatan usaha peternakan dan usaha makanan, menjadikan komunitas ini menjadi komunitas yang memiliki nilai ekonomis dan sarana bagi destinasi edukasi masyarakat luas.

“Kami sudah diverifikasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup pada 2013, kemudian berlanjut pada 2016 dianggap banyak kemajuan aktivitasnya. Saung Eurih adalah rumah proses, rumah belajar dan menjadi ruang edukasi bagi siapa pun,” terang salah satu penggiat pro-lingkungan Eman Kurdiman kepada fajarnews.com, Minggu (11/9).

Menurut Eman, hingga saat ini banyak warga yang aktif belajar dan melakukan studi banding atas pembuatan rumah kaca (green house) atau soal pengelolaan sampah yang kini dikembangkan KSM Hanjuang.

Dia berharap, semua fasilitas yang ada dapat dimanfaatkan masyarakat secara luas untuk mengenal dan mencintai lingkungan hidup, serta melestarikan kekayaan alam ini sebagai bagian dari pro lingkungan hidup.

MUNADI


Baca Juga

Komentar

Loading Komentar....