TAGS :

Komunitas BIL, Isi Liburan Dengan Kegiatan Bakti Sosial

Redaksi : Andriyana Jumat, 12 Agustus 2016 | 23:22 WIB
HASAN
Para anggota komunitas BIL berfoto setelah kegiatan donor darah di depan Balai Kota Cirebon belum lama ini


Fajarnews.com, CIREBON - Senada dengan namanya, komunitas Baksos Isi Liburan (BIL) Cirebon mengisi hari libur dengan berbagai kegiatan bakti sosial seperti donor darah, berbagi dengan keluarga panti dan menjual barang second yang hasilnya untuk kembali digunakan berbakti sosial.

Hendarti selaku koordinator publishing komunitas BIL mengatakan, baksos isi liburan atau lebih sering dikenal dengan sebutan BIL Care berangkat dari sekumpulan mahasiswa-mahasiswi yang melanjutkan kuliah di perantauan dan kembali liburan ke kota asal yakni Cirebon.

Berangkat dari kepedulian terhadap sesama dan lingkungan, BIL lahir pada bulan Ramadhan tahun 2009.

“Meskipun tak mempunyai tanggal lahir, tapi kami selalu tumbuh dan berkembang dengan semangat berbagi di bulan-bulan Ramadhan selanjutnya. Pada dua tahun pertama, BIL hanya aksi di bulan Ramadhan. Tahun-tahun berikutnya BIL berkembang di donor darah, pendidikan anak, eco youth, pengenalan mengenai kecintaan terhadap alam kepada anak-anak dan penyaluran donasi dari donatur,” kata Hendarti kepada fajarnews.com, Jumat (12/8).

Ia menuturkan, anggota dari BIL sendiri sejak awal hingga sekarang yakni terdiri dari sukarelawan siswa-siswi SMA, mahasiswa-mahasiswi perkuliahan, karyawan-karyawan dan umum.

Banyak beberapa volunteer yang bertahan untuk mengembangkan BIL semenjak kuliah sampai mereka lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan. Saat ini jumlah volunteer BIL yang aktif ada 30 relawan.

Dikatakannya, Keberlangsungan komunitas BIL ini didukung oleh semangat silaturahmi dari para volunteer dan donatur. Sampai saat ini donasi yang masuk berdasarkan sistem kepercayaan para donatur.

Donasi tersebut berupa materi (uang, baju bekas layak pakai, buku bacaan, alat tulis, bahan makanan/ sembako, makanan, Al-Qur’an, dll) dan jasa (pengisi acara games, motivator).

“Sekarang BIL sudah masuk generasi ke tiga, dengan strukrurnya ketua Regi Sugianto, wakilnya Rudi, sekertaris Siti dan bendahara Lysa, ditambah dengan berbagai divisi dan seluruh anggota lainnya,” jelasnya.

Hendarti mengungkapkan, adapun kegiatan rutin yang dilaksanakan BIL diantaranya donor darah, BIL donatur berbagi, Eco youth atau peduli lingkungan, BIL Scholaarship, Flea marker dan public health care.

“Kegiatan rutin kami seperti donor darah, sejauh ini sudah digelar sebanyak enam kali, untuk BIL donatur berbagi pun sudah beberapa kali dan semua kegiatan rutin sudah sering kami gelar, kami bersyukur dapat saling membantu dan menambah persaudaraan dengan cara silaturahmi seperti ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Volunteer diharapkan agar bisa terus survive dalam menjalankan program-program BIL. Terus berpikir untuk kemajuan BIL dan bergerak banyak dalam aksi-aksi sosial lainnya, turut serta dalam kegiatan komunitas-komunitas lain yang mempunyai misi yang sama.

Juga bersinergi dengan komunitas sosial di cirebon untuk membuat kagiatan aksi sosial yang kreatif dan inovatif, serta berkontribusi dalam kebermanfaatan untuk lingkungan dan masyarakat.

M. HASAN HIDAYAT


Baca Juga

Komentar

Loading Komentar....