Cerita Tarling Baridin Dibuatkan Versi Filmnya

Redaksi : Admin Rabu, 27 Juli 2016 | 13:00 WIB
ADHE H
Sejumlah warga Jagapura dan budayawan Cirebon terlibat dalam syuting film legenda Baridin di daerah Jagapura Kecamatan Gegesik, Selasa (26/7).

Fajarnews.com, CIREBON- Cerita cinta Baridin-Ratmina yang begitu melegenda sudah tak asing di telinga masyarakat Cirebon dan sekitarnya. Kini, kita bakal disuguhi cerita tersebut lewat sebuah film. Sejak Senin (25/7), pengambilan gambar untuk film ini sudah dilakukan di Desa Jagapura, di sekitar tempat Baridin dimakamkan, seperti yang dipercayai masyarakat.

Anggota DPRD Kab Cirebon dari PDIP, Dian Hernawa Susanti Santi mengatakan, pembuatan film itu melibatkan budayawan Kab. Cirebon. Dian pun merasa prihatin cerita Baridin yang begitu melegenda tersebut tidak pernah diperhatikan dengan serius.

“Memang Baridin warga Brebes tetapi sosok yang disakiti seorang perempuan itu meninggal di Jagapura hingga sampai saat ini masyarakat masih terus mengingatnya,” kata Santi saat syuting film Baridin di Jagapura, Selasa (26/7).

Budayawan Cirebon, Sumbadi ‘Egrang Sastra’ Alam mengatakan, legenda Baridin sudah tidak asing lagi bagi mayarakat Jagapura. Namun selama ini tidak pernah ada perhatian dalam bentuk apapun.

 “Ibu dewan ini sangat memperhatikan budaya di Kab Cirebon dan terbukti saat ini membuat film legenda yang masyarakat Cirebon, Baridin,” paparnya.

Diakuinya, dirinya sudah beberapa kali mengusulkan agar legenda Baridin bisa dibuatkan film atau setidaknya bisa memperhatikan kondisi makamnya, tetapi tidak pernah digubris Pemerintah Kab Cirebon.

“Sehingga dengan dibantuh Ibu Dian akhirnya pembuatan film legenda Baridin bisa terlaksana,” ungkapnya.

Baridin dan Ratminah sendiri akan diperankan warga Jagapura dengan hasil seleksi yang dilakukan beberapa budayawan.*

 

ADHE HAMDAN


Baca Juga

Komentar

Loading Komentar....