TAGS :

Cirebon Theater Festival 2 Resmi Dibuka

Redaksi : Eko Purnomo Minggu, 3 April 2016 | 18:55 WIB
HSN
Pembukaan Cirebon Theatre Festival 2 di Gedung kesenian rarasantang Kesambi Kota Cirebon, Sabtu (2/4)

Fajarnews.com, CIREBON - Cirebon Theatre Festival 2 resmi dibuka, pembukaan kegiatan tersebut ditandai dengan menyalakan obor bersama oleh Kepala Dinas Porbudpar Kota Cirebon Dana Kartiman, Pangeran Patih Keraton Kanoman, Pangeran Raja Qodiran, Ketua Pelaksana dan disaksikan para tamu undangan, di Gedung kesenian rarasantang Kesambi Kota Cirebon, Sabtu (2/4) malam.

Dalam sambutannya, Dana kartiman mengatakan, kegiatan seperti ini merupakan kegiatan penuh makna, walaupun tampilannya sederhana, dengan berkelanjutannya kegiatan seperti ini, maka potensi-potensi seni yang memang banyak terpendam di Cirebon ini akan semakin terlihat dan semakin menunjukkan bahwa Cirebon memang kota yang menghargai kesenian.

“Potensi seni di Cirebon ini sangat besar, apabila dikelola dengan baik dan dibarengi kerjasama dengan pihak-pihak terkait yang mampu mendongkrak potensi tersebut, bukan tidak mungkin, kegiatan seperti ini menjadi kegiatan yang diananti oleh masyarakat Cirebon pada khususnya dan masyarakat seluruh Nusantara pada umumnya,” kata Dana saat penyampaian sambutan.

Sartika selaku humas kegiatan tersebut mengatakan, Cirebon theater festival 2 ini digelar dari 2-12 April 2016, kegiatan ini merupakan lanjutan dari festival pertama yang digelar pada tahun lalu, namun, pada festival yang kedua ini konsepnya berbeda karena terdapat campuran penamilan atau kegiatan diantaranya mengembangkan seni, meningkatkan apresiasi terhadap seni teater. Festival yang kedua ini ada 23 pertunjukkan, ada 6 workshop, pameran foto dan diskusi kebudayaan. Semua kegiatan tersebut diisi oleh orang-orang yang berpengalaman dan profesional di keahliannya masing-masing.

“Workshop di kegiatan ini dibawakan oleh oarang-orang yang memang sudah dikenal berpengalaman dan ahli di bidangnya masing-masing,” kata Sartika.

Jadwal kegiatan ini, lanjut Sartika, untuk workshop jadwalnya setiap hari di pagi hari sampai siang yakni mulai pukul 09.00-14.00 WIB dan setiap harinya ada pertunjukan teater sebanyak dua kali yakni sore dan malam hari.

Ia berharap, semakin tahun kegiatan ini kuantitas dan kualitasnya semakin baik dan bisa menjadi agenda rutin setiap tahunnya, sehingga akan dikenang atau diingat bahwa setiap tahun di bulan April ada acara seni Cirebon theater festival.

“Saya berharap bulan April disetiap tahunnya, sebagai ikon waktunya kegiatan festival teater Cirebon,” harapnya.

(MH.Hidayat)

 

 


Baca Juga

Komentar

Loading Komentar....