TAGS :

Sayako Raih Duta Batik Tingkat Nasional

Redaksi : Andriyana Senin, 18 Januari 2016 | 21:05 WIB
WIN
Sayakotomita (kanan) memegang Piala Menteri Pariwisata

Fajarnews.com, CIREBON- Siswi kelas 7a SMPN 1 Kota Cirebon, Sayakotomita berhasil keluar sebagai pemenang duta batik Trusmi tingkat nasional, dengan meraih Piala Menteri Pariwisata RI tahun 2015-2016, di Trusmi Plered pada 27 Desember 2015 lalu. Dirinya maju untuk mewakili Jawa Barat (Jabar) dalam kontes duta batik Trusmi antar pelajar SMP tingkat nasional.

Sayako, panggilan akrab Sayakotomita, merasa senang atas keberhasilannya meraih duta batik Trusmi tingkat nasional itu. Pasalnya dalam lomba duta batik tersebut, banyak para pelajar dari daerah lain yang memiliki bakat yang cukup bagus. Sehingga persaingan memperebutkan Piala Menteri Pariwisata tersebut sangat ketat.

“Tentunya sangat senang bisa meraih Piala Pariwisata ini, karena prestasi ini baru pertama kali saya raih. Karena sebelumnya saya hanya meraih gelar pertama kompetisi model ini tingkat Walikota dan Gubernur,” ungkap Pelajar SMPN 1 Kota Cirebon, Sayakotomita kepada fajarnews.com, Senin (18/1).

Menurutnya, sejak kelas 5 SD dirinya dikenalkan model itu dari orangtuanya, dan kemudian lambat laun Sayako mulai menyukai dunia model ini. Kemudian, dirinya mengikuti berbagai kompetisi model, baik itu tingkat daerah maupun Provinsi.

“Dalam kompetisi duta batik Trusmi kemarin, saya memperagakan gaya, serta ditanya seputar batik Trusmi juga. Keberhasilan meraih Piala Menteri Pariwisata itu, tergantung lawannya seperti apa, baju, dan juga kepercayaan saat penampilan model,” ucapnya.

Saat ditanyai soal batik, Sayako menjelaskan, batik itu budaya asli Indonesia yang perlu dilestarikan, karena batik itu merupakan sebuah warisan budaya non bendawi yang telah diakui oleh UNESCO. Dan Sayako juga sangat menyukai baju batik ini, karena memiliki banyak warna dan motif.

“Dari dunia model ini, saya berharap ingin menambah pengalaman dan wawasan serta ingin mengikuti kompetisi model tingkat internasional,” harapnya.

Sementara itu, Pembina OSIS SMPN 1 Kota Cirebon, Daryosismanto menyampaikan, keberhasilan Sayoko dalam meraih Piala Menteri Pariwisata ini, tentunya pihak sekolah sangat bangga. Pasalnya, Sayoko telah mengharumkan almamater sekolah melalui prestasi duta batik Trusmi ini.

“Kami berharap atas keberhasilan Sayako dalam meraih gelar jawara duta batik Trusmi ini diharapkan bisa memotivasi para pelajar SMPN 1 Kota Cirebon untuk mendapatkan prestasi-prestasi unggulan sesuai potensi dan minatnya masing-masing,” tukasnya.

WINARNO


Baca Juga

Komentar

Loading Komentar....