Gustia Hidayatiningsih Dapat Pekerjaan karena Prestasinya di Pencak Silat

Redaksi : Iwan Surya Permana Senin, 18 Januari 2016 | 01:54 WIB
WIN
Gustia Hidayatiningsih.*

Fajarnews.com, CIREBON- Tak banyak perempuan yang menyukai seni olahraga ketangkasan seperti pencak silat, namun bagi perempuan yang satu ini olahraga tersebut adalah suatu kebanggan. Betapa tidak, melalui pencak silat, gadis kelahiran 20 Agustus 1989 bernama Gustia Hidayatiningsih ini bisa meraih prestasi dan pekerjaan sehingga bisa membanggakan kedua orangtuanya.

Gadis asal Kelurahan/Kecamatan Kesambi ini memang memiliki segudang prestasi dalam olahraga pencak silat baik yang diraihnya dari tingkat regional, provinsi bahkan nasional. Di antaranya, dia pernah meraih medali emas dari Kejuaraan Nasional Antar Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) se-Indonesia di Jambi pada tahun 2005 lalu.

“Dari pencak silat saya bisa mendapatkan apa yang saya cita-citakan, dari mulai prestasi, pekerjaan dan yang paling penting adalah bisa membuat bangga orang-orang di sekeliling saya, terutama keluarga,” ungkap perempuan lulusan pendidikan olahraga Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung ini kepada fajarnews.com baru-baru ini.

Saat ini, Gustia bekerja di bagian pendaftaran penduduk Disdukcapil Kota Cirebon sejak Bulan Januari 2016. Sebelumnya, Gustia sempat mengabdi dan mengajarkan ilmu pendidikan olahraga di SDN 1 Sadagori 1, SMK Farmasi dan SMK Pelayaran Buana Bahari.

“Kesukaan saya terhadap pencak silat ini berawal dari kelas 2 SMPN 4 Kota Cirebon, tepatnya di tahun 2002. Awalnya cuma ikut-ikutan teman, yaitu ikut ekstrakurikuler silat Perguruan Padjadjaran Nasional dan belum terfikir untuk menjadi atlet,” jelas anak ketiga dari Sodri dan Beti Djuhaeti ini.

Gustia menuturkan, kompetisi pencak silat pertama yang dia ikuti adalah Popkota dan Gustia berhasil mendapat medali emas, sekaligus menjadi pesilat terbaik. Dengan raihan prestasi tersebut, Gustia justru semakin tertarik dengan pencak silat.

Gustia selanjutnya diberikan kepercayaan oleh Kota Cirebon untuk mengikuti seleksi PPLP Jawa Barat di Kota Bandung pada tahun 2003 silam, dan dari seleksi tersebut Gustia berhasil lolos. Gustia mulai masuk PPLP Jabar sejak kelas 3 SMP hingga lulus SMA pada tahun 2007.

“Sejak saat itu prestasi saya semakin meningkat dan membuat saya makin cinta terhadap pencak silat. Kemudian, setelah lulus SMA, saya menetap di Bandung untuk melanjutkan kuliah di Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, UPI Bandung untuk mencari pengalaman akademik dan silat lebih banyak lagi,” katanya. (WIN)

 


Baca Juga

Komentar

Loading Komentar....