TAGS :

Letkol Kav Taswin Djamaluddin, Rela Tanggalkan Jabatan Demi Misi Perdamaian PBB

Redaksi : Rosyidi Jumat, 8 Januari 2016 | 10:30 WIB
WINARNO
Danrem 063/SGJ, Kolonel Inf Sutjipto (kiri), memimpin upacara serah terima jabatan Dandim 0614 Kota Cirebon, yang sebelumnya dijabat Letkol Kav Taswin Djamaluddin, Kamis (7/1).

Fajarnews.com, CIREBON- Terik matahari di sela musim hujan awal tahun, seolah tak berarti bagi sejumlah prajurit yang mengikuti upacara serah terima jabatan (sertijab) Komandan Distrik Militer (Dandim) 0614 Kota Cirebon, di Lapangan Markas Kodim setempat, Kamis (7/1).

Jabatan Dandim 0614 Kota Cirebon, yang sebelumnya disandang, Letkol Kav Taswin Djamaluddin diserahterimakan untuk sementara waktu kepada Danrem 063/Sunan Gunung Jati (SGJ), Kolonel Inf Sutjipto, sebelum diserahkan kepada pejabat Dandim baru definitif yang saat ini masih kosong.

Letkol Kav Taswin Djamaluddin akan mengikuti misi perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Afrika Tengah. Ia mengaku secara sukarela menanggalkan jabatan Dandim dan memilih bergabung dalam misi perdamaian PBB.

Taswin mengemukakan ketertarikannya mempelajari kebudayaan dan bahasa asing, menjadi faktor yang mendorongnya menerima tawaran menjadi bagian dari misi perdamaian PBB tersebut.

“Saya suka belajar tentang kebudayaan daerah lain dan termotivasi untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing, sehingga langsung menerima saat ada tawaran bergabung dalam MINUSCA (Multidimensional Integrated Stabilization Mission in the Central African Republic) atau Misi Stabilisasi Multidimensional Terpadu PBB di Republik Afrika Tengah,” kata Taswin, usai sertijab kepada “FC”.

Sementara itu, Danrem 063/SGJ, Kolonel Inf Sutjipto mengatakan, untuk sementara tanggung jawab dan wewenang Dandim 0614 diambil alih dirinya, sambil menunggu Dandim baru yang saat ini sedang melaksanakan umrah di Tanah Suci.

“Mungkin minggu depan Dandim yang baru mulai menjabat, sebab hari ini dia baru pulang umrah,” kata Danrem.

Ia mengaku bangga dan berterima kasih kepada Letkol Kav Taswin Djamaluddin, atas pengabdian dan dedikasinya selama menjabat sebagai Dandim Kota Cirebon.

“Pertemuan dan perpisahan merupakan hal yang tak terpisahkan. Keduanya merupakan suatu kewajaran, terutama dalam TNI. Sebab, hal itu merupakan pembinaan pasukan agar lebih dinamis sekaligus promosi jabatan,” katanya.

Dalam misi perdamaian PBB tersebut, lanjut Danrem, Taswin akan menjabat Perwira Staf Perencanaan Operasional Bagian Sektor MINUSCA di Afrika Tengah.

Menurutnya, sebuah hal membanggakan karena tidak semua prajurit bisa bergabung dalam operasi PBB. Sebab, selain diperlukan kemampuan bahasa yang mumpuni, juga harus menempuh berbagai proses dan seleksi yang panjang.

“Saya mengucapkan terima kasih atas segala loyalitas dan totalitas selama menjabat sebagai Dandim 0614 dua tahun terakhir ini. Semoga Letkol Taswin senantiasa mendapat kemudahan dalam melaksanakan tugasnya yang baru nanti,” katanya.

 Turut hadir dalam sertijab tersebut, jajaran Muspida Kota Cirebon beserta tokoh masyarakat Cirebon. Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis, mendoakan rekannya itu bisa sukses mengemban amanah dan bisa membanggakan bangsa Indonesia di Afrika nanti.

“Semoga kebaikan selalu menyertai setiap gerak dan langkah Taswin dalam menjalankan tugasnya yang baru dalam misi perdamaian PBB di Afrika Tengah nanti. Saya menyampaikan rasa terima kasih atas segala dukungan selama dua tahun ini,” katanya.*

 

WINARNO


Baca Juga

Komentar

Loading Komentar....