Rizky Dwi Anggraeni, Bangga Lestarikan Budaya Cirebon

Redaksi : Andriyana Selasa, 13 Oktober 2015 | 12:32 WIB
DEDE
Rizky Dwi Angraeni

Fajarnews.com, CIREBON- Bisa melestarikan salah satu kesenian Cirebon, merupakan satu kebanggaan tersendiri bagi gadis yang masih berusia 17 tahun ini. Keinginan untuk melestarikan kesenian Cirebon ini datang dari hati nuraninya yang tidak mau kesenian yang menjadi ciri khas Cirebon ini punah.

Berawal dari niat sucinya ini, Rizki Dwi Anggraeni ini sengaja melanjutkan sekolah di SMK Pakungwati yang memang mengajarkan banyak kesenian khususnya kesenian Cirebon dalam kurikulum yang diajarkan kepada anak didiknya ini.

“Kesenian Cirebon khusunya tari tradisonal sekarang ini sudah hampir punah. Kalau bukan kita sebagai generasi muda yang mau peduli siapa lagi?, dan berawal dari kecintaan terhadap kesenian Cirebon ini, saya masuk ke SMK Pakungwati yang memang banyak mengajarkan kesenian khusunya kesenian Cirebon,” ujar Rizki, kepada fajarnews.com, Jumat (9/10).

Selama menggeluti seni tari tradisoanal khusunya tari topeng, gadis yang sekarang duduk dibangku kelas 12 ini pernah mempromosikan tari topeng dan juga tari tradisonal Cirebon lainnya pada ajang festival kraton nusantara IX tahun 2014 yang diselenggarakan di Bima NTB.

“Selama menjadi penari, pengalaman saya cukup lumayan lah, saya pernah mentas di acara FKN IX 2014, saat itu saya menari didepan raja dan sultan yang ada di Indonesia, dan saya juga sering diundang oleh pihak kraton Kesepuhan untuk menari, kalau ada tamu-tamu penting,” katanya.

Rizki yang sekarang tinggal di daerah Samadikun Kota Cirebon ini mengaku kalau darah seni yang mengalir dalam tubuhnya ini dari sang nenek yang dulu juga menjadi seorang penari professional pada jamannya. “Nenek saya orang Kuningan, dan memang dulu beliau adalah penari, jadi nurun ke saya,” ujarnya.

Selain lihai menari topeng khusunya tari topeng kelana, Rizki juga mengaku menguasai beberapa tari topeng lainnya, seperti tari wayang dan juga tari jaipong. Rizki juga bermimpi untuk bisa mempromosikan kesenian Cirebon khusunya tari topeng Cirebon yang memang kesenaian asli Cirebon ini ke dunia Internasional.

“Cita-cita sih, pengen manggung di luar negri, sehingga kesenian Cirebon bisa lebih dikenal oleh orang-orang luar sana,” pangkasnya. (DEDE)

 


Baca Juga

Komentar

Loading Komentar....