TAGS :

Penderita Penyakit Kelamin di Kabupaten Cirebon Rata-Rata Usia Produktif

Redaksi : Eko Purnomo Jumat, 25 September 2015 | 20:21 WIB
-
Ilustrasi

Fajarnews.com, CIREBON - Angka penderita penyakit kelamin di Kabupaten Cirebon tiap tahunnya terus meningkat seperti raja singa (Syphilis), Gonorrhue atau kencing nanah dan Candidiasis atau jamur di mulut. Penderitanya pun rata-rata usia produktif.

Berdasarkan data yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon menyebutkan, per-bulan Juli tahun 2015, pengidap penyakit Syphilis atau raja singa sebanyak 72 kasus. Gonorrhue atau kencing nanah sebanyak 70 kasus dan Candidiasis atau yang ditimbulkan dari oral sex atau jamur mulut sebanyak 657 kasus.

“Tahun kemaren (2014,-red) pengidap syphilis hanya 17 kasus, Gonorrhoe 97 kasus. Dua kasus ini lumayan meningkat tajam ,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Engku Nursyamsu saat di temui diruang kerjanya, Rabu (23/9).

Dikatakannya, penyakit tersebut rata-rata diderita oleh usia produktif. penyakit itu, diakuinya bisa menular dan ditularkan akibat dari hubungan sex bebas, baik laki-laki dengan perempuan ataupun laki-laki berpasangan dengan laki-laki.

“Meskipun hanya ciuman juga bisa tertular. Apalagi berhubungan sex," ujarnya.

Ketiga penyakit tersebut, menurut Engku disebabkan dari bakteri treponema pallidum, akibat dari hubungan sek bebas yang tidak sehat, atau seringnya berganti-ganti pasangan dan sek dengan sesama jenis. Untuk meminimalisir kasus tersebut, pihaknya rutin melakukan penyuluhan kepada masyarakat disetiap desa maupun kecamatan melalui puskesmas dan lembaga lainya.

Begitu juga setelah diketahui adanya laporan yang masuk dari puskemas atau lembaga yang aktif dalam penangganan kasus-kasus tersebut. Pihaknya langsung melakukan pemeriksaan dan memberikan obat anti biotik.

“Obatnya ada untuk penyakit tersebut yang disebabkan bakteri itu. Jadi masih bisa di sembuhkan. Kalau Virus semacam HIV/AIDS belum ada obatnya. Makanya jangan sampai terjadi dan jangan coba-coba untuk melakukan sek bebas," pungkasnya. (SHN)


Baca Juga

Komentar

Loading Komentar....